Raih juara 3 Maria Ulva dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES)


Raih juara 3 Maria Ulva dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tingkat Wilayah di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Tahun 2023. Puncak pemilihan finalis pilmapres (9/5) di hotel Arya Duta Palembang. Maria Ulva merupakan mahasiswa semester IV program studi DIV Teknologi Laboratorium Medis fakultas Ilmu Sainstek Institut Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang (IKesT MP).

“Keikutsertaan pilmapres dengan mengikuti seleksi administrasi dan substansi mempersiapkan essay yang berisi produk inovatif dan capaian unggulan. Saat seleksi wilayah di LLDIKTI Wilayah II Maria mempersiapkan sebuah naskah presentasi dalam bentuk bahasa Inggris, dan mendalami materi terkait produk inovatif yang akan dipresentasikan untuk interview, “tuturnya.
Ketika presentasi produk inovatif yang diangkat berupa GERAMI “Gerakan Remaja Eliminasi Tuberculosis”, dan capaian unggulannya sendiri diangkat dari Program Kreativitas Mahasiswa, yang tahun 2022 Maria merupakan salah satu anggota yang menerima pendanaan dari kemendikbud, dimana dari hasil produknya berupa media alternatif pertumbuhan jamur Candida Albicans yang telah dipatenkan tentunya atas karya dan bimbingan dosen saya, “jelas maria.

Peserta yang mengikuti seleksi pilmapres jenjang diploma sebanyak 8 orang yang berasal dari universitas di sumatera selatan. Dan yang berhasil lulus menjadi finalis sebanyak 6 orang.
Kegiatan ini berlangsung pada bulan Ramadhan kemarin, dan dilanjutkan kembali pada seleksi wilayah selama 2 hari tanggal 08-09 Mei 2023.

Tentunya Rektorat, Dekan, Ketua Program Studi, Ketua Puskema, dan dosen-dosen program studi, serta dosen pembimbing dan dosen pendamping juga duta inspirasi dalam hal ini ketua BEM/Ormawa yang ada di IkesT Muhammadiyah Palembang yang selalu mensuport, dan memotivasi Maria selama kegiatan pilmapres berlangsung

Selain pilmapres, Maria mempunyai prestasi di bidang akademik, yaitu telah mendapatkan pendanaan di kegiatan PKM tahun 2022, di akademik Maria mempunyai pengalaman di lomba puisi, membuat essay, dan lomba cerdas cermat.

Motivasi mengikuti pilmapres adalah saya ingin mendapatkan pengalaman yang lebih dari teman-teman mahasiswa yang keren-keren, yang berprestasi dari wilayah LLDIKTI wilayah II, dan berharap bisa dapat jejaring dan inspirasi yang banyak dari sudut pandang mereka. Selain itu, secara tidak langsung Maria termotivasi untuk memperkenalkan Institusi dan Program Studi Maria sendiri, karena tidak banyak orang-orang yang mengetahui di mana IKesT Muhammadiyah Palembang dan apa itu Program Studi Teknologi Laboratorium Medis, dengan demikian, Maria berharapnya semua orang dapat mengenali, mengingat, dan menerima, serta membuktikan bahwa kita merupakan Institusi Swasta yang bukan biasa, melainkan kita juga mampu bersaing dengan baik di kegiatan pilmapres tersebut.

Harapannya untuk Maria pribadi, semoga bisa menjadi diri yang memiliki kepribadian seperti ilmu padi “Semakin berisi semakin merunduk” tetapi tidak mudah puas yang selalu memperbaiki diri untuk lebih baik lagi, yang tentunya bisa menjaga tanggung jawab dan harapan yang telah diberikan oleh Institusi dan dosen-dosen dalam kegiatan pilmapres ini.

Disela perbincangan kami, harapan Maria untuk IKesT Muhammadiyah Palembang, pada kegaitan Pilmapres tahun depan, semoga bisa mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya mulai dari seleksi fakultas dan universitas, sehingga kita benar-benar memiliki persiapan yang matang dalam mengikuti pilmapres nantinya.

Rektor dan jajaran IKesT Muhammadiyah bangga maria ulva telah memberikan harum dan nama baik institusi ini dan semoga IKesT MP senantiasa dalam menciptakan kader mahasiswa islami, berkemajuan dan inovatif.


Other news

  • Penutupan PKL Terpadu IKesT MP

    Penutupan PKL Terpadu IKesT MP

    Penutupan PKL Terpadu IKesT MP Tahun Akademik 2023/2024, Rabu 07 Februari 2024 berlangsung di Auditorium IKesT MP. Kegiatan penutupan praktek kerja lapangan terpadu mahasiswa IKesT MP sebagai tanda selesainya praktek lapangan sebanyak 299 peserta telah menjalani praktek lapangan di kecamatan Seberang Ulu II dan Jakabaring dari tanggal 22 Januari s/d 07 Februari 2022.Dalam sambutan rektor…

  • IKesT MP Audensi dengan LLDIKTI Wilayah II

    IKesT MP Audensi dengan LLDIKTI Wilayah II

    Audiensi Pimpinan IKesT Muhammadiyah Palembang dengan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Prof. Dr. Ishak Iskandar, M. Sc didampingi Ketua Tim Kerja Kelembagaan Win Honaini, SH., M.Si beserta tim.

  • Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT)

    Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT)

    Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT) merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang Terintergrasi dengan kurikulum program studi dan dengan nilai keislaman yang didalam Perguruan Tinggi Muhammadiyah dikenal dengan Al – Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang (IKesT MP) secara konsisten terus melakukan program ini,…