Pembukaan Praktik Kerja Lapangan Terpadu


Pembukaan Praktik Kerja Lapangan Terpadu Mahasiswa IKesT Muhammadiyah Palembang dihadiri Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemda Ogan Ilir Dr. Drs. H. Yohanas, M.Pd, Kabid Kesra Armansyah, M.Si, Dinkes OI Kabid Pelayanan Susi Andriani, S.Kep Ns., M.Kes, Rektor Heri Shatriadi CP, M.Kes, Ketua BPH H Nofrizal Nawawi, Lc., M.Pd.I, Sekretaris Camat Nurhawa, SKM, dan pihak puskesmas, serta Kepala Desa kecamatan Pemulutan kabupaten Ogan Ilir serta dosen/karyawan IKesT MP di Auditorium IKesT MP Selasa, 24 Januari 2023.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) Terpadu IKesT Muhammadiyah Palembang dilaksanakan guna melengkapi kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi di masyarakat dalam peningkatan mutu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dirapkan mahasiswa mendapatkan pengakuan sebagai tenaga kesehatan yang profesional oleh masyarakat dengan tidak melepaskan kode etik profesi.

Sebanyak 260 mahasiswa yang akan mengikuti PKL Terpadu dari program Profesi Ners , DIII Keperawatan, DIII Kesling, DIII Kebidanan, DIII Fisioterapi, S1 Gizi dan DI V Teknologi Laboratorium Medis yang akan tersebar menjadi 20 kelompok ditempatkan di 11 desa kecamatan pemulutan kabupaten ogan ilir. Adapun target kompetensi yang harus dicapai agar mahasiswa mampu menerapkan ilmu, berperan dalam mempercepat stunting, mengimplementasikan AIK di daerah serta menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, sesuai laporan yang disampaikan Rosmiarti, M.Kes selaku ketua pelaksana PKL tahun ini.

Acara pembukaan PKL Terpadu dibuka oleh Rektor Heri Shatriadi CP., M.Kes, beliau menyampaikan dalam rangka mewujudkan visi misi IKesT MP, melalui program PKL Terpadu ini semoga tujuan penerapan ilmu dan pengabdian langsung ke masyarakat dapat tercapai. Ucapan terima kasih atas izin yang diberikan Bupati Ogan Ilir beserta pemerintah daerah setempat, yang nantinya kami mohon para kepala desa dapat memberikan arahan dan bimbingannya bagi peserta PKL, ” jelas Heri Shatriadi CP, M.Kes

Dalam kesempatan ini Bupati Ogan Ilir yang diwakili Dr.Drs.Yohanas, M.Pd selaku asisten III bidang administrasi umum menjelaskan bahwa stunting merupakan masalah besar di daerah ogan ilir, harapan bupati agar para kepala dinas dan jajaran dapat melakukan hal yang luar biasa agar angka sunting menurun melalui sistem pemerintahan yang berbasis elektronik.

“Program stunting bukan sekedar pemberian bubur namun pemberian edukasi tentang stunting, pemahaman kepada masyarakat, tentunya terima kasih kepada mahasiswa IKesT MP yang akan melaksanakan PKL Terpadu di daerah ogan ilir kecamatan pemulutan ini kiranya dapat membantu dalam menjalankan program pemerintah saat ini.

Diakhir penutup acara arahan ketua BPH H.Nofrizal Nawawi, Lc., M.Pd.I selamat kepada mahasiswa yang akan melaksanakan PKL Terpadu agar menjadi perhatian dan dapat dipersiapkan mahasiswa IKesT MP bisa baca Al-Quran, sholat berjamaah/imam, hapalan Al-Quran, mampu kultum, berhijab dan berakhlaqul karimah.


Other news

  • Penutupan PKL Terpadu IKesT MP

    Penutupan PKL Terpadu IKesT MP

    Penutupan PKL Terpadu IKesT MP Tahun Akademik 2023/2024, Rabu 07 Februari 2024 berlangsung di Auditorium IKesT MP. Kegiatan penutupan praktek kerja lapangan terpadu mahasiswa IKesT MP sebagai tanda selesainya praktek lapangan sebanyak 299 peserta telah menjalani praktek lapangan di kecamatan Seberang Ulu II dan Jakabaring dari tanggal 22 Januari s/d 07 Februari 2022.Dalam sambutan rektor…

  • IKesT MP Audensi dengan LLDIKTI Wilayah II

    IKesT MP Audensi dengan LLDIKTI Wilayah II

    Audiensi Pimpinan IKesT Muhammadiyah Palembang dengan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Prof. Dr. Ishak Iskandar, M. Sc didampingi Ketua Tim Kerja Kelembagaan Win Honaini, SH., M.Si beserta tim.

  • Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT)

    Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT)

    Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT) merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang Terintergrasi dengan kurikulum program studi dan dengan nilai keislaman yang didalam Perguruan Tinggi Muhammadiyah dikenal dengan Al – Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang (IKesT MP) secara konsisten terus melakukan program ini,…