Kuliah Tamu Program Studi Ilmu Keperawatan


Kuliah Tamu Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) bersama Prodi D III Keperawatan IKesT Muhammadiyah Palembang dengan Tema Resiliensi Keluarga Terhadap Kesehatan Jiwa pada Era Digital untuk Pencegahan Kegawatdaruratan Kesehatan Jiwa. Narasumber berasal dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Yaitu Prof. Achir Yani Suhaimie Hamid, MN,DNSc

Beliau menjelaskan bahwa setiap anggota keluarga sebagai sub sistem dari sistem keluarga. Era Digitalisasi sekarang ini merupakan tantangan pada keluarga dan memerlukan dukungan  tiap anggota keluarga. Besarnya dukungan keluarga tergantung pada sumber koping, strategi koping dan ketangguhan keluarga ( resiliensi pada keluarga). Resiliesi/ Ketangguhan keluarga diartikan keluarga mampu menyesuaikan diri dalam kesulitan, mampu mempertahankan keseimbangan, mampu mengembalikan kendali terhadap lingkungan dan mampu melanjutkan bergerak maju dengan sikap positif.

Salah satu dampak digitalisasi yaitu ketergantungan atau adiksi internet/ gawai pada anggota keluarga, khususnya anak. Jika adiksi terjadi, resiliensi keluraga harus segera ditingkatkan dengan melakukan aktifitas fisik (olahraga), mengembangkan sistem dukungan sosial dan terlibat dalam kegiatan seni/ tulisan ekspresif. Jika tidak segera ditangani kegawat-daruratan perilaku dan psikiatrik dikhawatirkan terjadi, seperti gangguan suasana hati dan perilaku yang mengancam keselamatan orang, sehingga asuhan keperawatan (pengkajian dan implementasi) akan di terapkan oleh perawat untuk menangani kasus kegawatdaruratan psikiatrik tersebut.


Other news