SEMINAR ILMIAH “ATLM LEBIH DEKAT DENGAN ADENOVIRUS PENYEBAB HEPATITIS AKUT”


SEMINAR ILMIAH “ATLM LEBIH DEKAT DENGAN ADENOVIRUS PENYEBAB HEPATITIS AKUT” DPC PATELKI Palembang menyelenggarakan seminar ilmiah yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan kemampuan para ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik) dalam bidang Laboratorium deteksi Adenovirus Penyebab Hepatitis Akut. Seminar ilmiah ini juga merupakan salah satu wujud program kerja divisi ilmiah, penelitian, dan pengembangan IPTEK DPC PATELKI Palembang.

Kegiatan yang dihadiri oleh Aristoteles, M.Kes., Ph.D Dekan Fakultas Sains Teknologi, DPW Patelki Sumatera Selatan Bpk.Ihsan Tarmizi, S.Pd, M.Pd, Dewan Penasehat, Ketua DPC Patelki Zulfahmi, SKM beserta 167 peserta umum dan mahasiswa.

Tema seminar ATLM Lebih Dekat dengan Adenovirus Penyebab Hepatitis Akut yang disampaikan narasumber :

1. Aspek klinik, Diagnostik, Infeksi Adenovirus pada Tubuh Manusia Penyebab Hepatitis Akut

(dr. Febriana Aquaresta, MKK, SpMK)

2. Pemantapan Mutu dan Pemeriksaan Laboratorium Diagnosa Hepatitis Akut

(Umi Kalsum, S.ST)

3. Teknologi-Teknologi Deteksi Virus

(Indah Sari, S.Si.T, M.Si)

Infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan atas di era pandemi covid -19 menjadi tidak biasa dikarenakan fenomena infeksi virus hepatitis yang biasa disebabkan oleh virus hepatitis A-E menjadi akut dikarenakan ada indikasi yang diduga disebabkan oleh virus lain yang biasa menginfeksi saluran pernapasan seperti adenovirus. Pada kasus hepatitis akut yang terjadi pada anak diduga disebabkan oleh Adenovirus serotype F41/40 namun masih diteliti lebih lanjut.

Untuk menegakan diagnosa hepatitis akut perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium, dimana Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) menjadi garda terdepan dalam membantu diagnosa hepatitis akut. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan untuk mengetahui infeksi Hepatitis Akut, antara lain; Pemeriksaan fungsi hati (SGOT,SGPT), Urine lengkap, Serologi Hepatitis A-C, Bilirubin total dan direk, CRP, IgM anti HAV, HbsAg, Anti HCV, IgM anti-HEV, PCR SARS-CoV-2, dan biakan darah.

Teknologi canggih dalam pendeteksian virus yang dapat menyebabkan infeksi hepatitis akut sangat mendukung ATLM dalam melakukan pemeriksaan penunjang yang telah disebutkan sebelumnya, namun perlu dilakukan pemantapan mutu baik internal maupun eksternal dalam melakukan pemeriksaan tersebut sehingga hasil yang dikeluarkan oleh ATLM dapat dipercaya kualitas dan mutu pemeriksaan yang dilakukan.


Other news

  • Penutupan PKL Terpadu IKesT MP

    Penutupan PKL Terpadu IKesT MP

    Penutupan PKL Terpadu IKesT MP Tahun Akademik 2023/2024, Rabu 07 Februari 2024 berlangsung di Auditorium IKesT MP. Kegiatan penutupan praktek kerja lapangan terpadu mahasiswa IKesT MP sebagai tanda selesainya praktek lapangan sebanyak 299 peserta telah menjalani praktek lapangan di kecamatan Seberang Ulu II dan Jakabaring dari tanggal 22 Januari s/d 07 Februari 2022.Dalam sambutan rektor…

  • IKesT MP Audensi dengan LLDIKTI Wilayah II

    IKesT MP Audensi dengan LLDIKTI Wilayah II

    Audiensi Pimpinan IKesT Muhammadiyah Palembang dengan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Prof. Dr. Ishak Iskandar, M. Sc didampingi Ketua Tim Kerja Kelembagaan Win Honaini, SH., M.Si beserta tim.

  • Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT)

    Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT)

    Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT) merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang Terintergrasi dengan kurikulum program studi dan dengan nilai keislaman yang didalam Perguruan Tinggi Muhammadiyah dikenal dengan Al – Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang (IKesT MP) secara konsisten terus melakukan program ini,…