Pengabmas Prodi DIII Kebidanan STIKes MP di Puskesmas Pembina Palembang


Program Studi DIII Kebidanan STIKes Muhammadiyah Palembang melakukan pengabdian masyarakat di Puskesmas Pembina Palembang dengan “Edukasi  Pada Bidan Tentang  Penerapan Terapi Murotal Al-Quran  Untuk Mengurangi Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif”.

Puskesmas Pembina terletak di jl. Ahmad Yani Kelurahan Silabranti Kecamatan Ulu I. Letak Puskesmas ini tepat di pinggir jalan raya yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Selain itu juga banyak dilalui oleh kendaraan umum. Wilayah kerjanya meliputi 2 kelurahan yaitu Kelurahan Silabranti dan Kelurahan 8 Ulu, denga luas wilayah kerjanya 678 Ha.

Kegiatan edukasi penerapan terapi murotal AL-Quran untuk mengurangi nyeri persalinan pada Bidan di Puskesmas Pembina Palembangbertujuan untuk meningkatkan pengetahuan  Bidan tentang pemberian terapi non farmakologi untuk mengurangi nyeri persalinan khususnya dengan terapi Murotal Al-Quran. Melalui kegiatan ini tim pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan edukasi dalam penyebarluasan informasi kepada bidan – bidan   melalui leaflet dan daftar tilik pemberian terapi murotal Al-quran  yang diberikan saat penyuluhan. Selain itu agar informasi tentang edukasi penerapan terapi murotal AL-Quran untuk mengurangi nyeri persalinan pada Bidan di Puskesmas Pembina Palembang dapat diakses masyarakat secara luas maka tim pengabdian kepada masyarakat menyusunluaran berupa publikasi ilmiah, publikasi pada media masa, modul, dan buku ajar.

Tenaga kesehatan dalam hal ini bidan dan perawat sangat antusias mendengarkan Informasi tentang Penerapan Terapi Murotal Al-Quran untuk mengurangi Nyeri Persalinan kala I Fase Aktif, hal ini di buktikan pertanyaan yang di lonrtrakan seputar manfaat dari penerapan  murotal Al- Quran untuk mengurangi Nyeri Persalinan, Informasi ini baru pertama kali di dengar oleh bidan dan perawat di Puskesmas dan pimpinan Puskesmas berkeinginan untuk dapat mengikuti edukasi eduaksi berikutnya.


Other news