STIKes MP Bantu Percepatan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten OKI


dd

Setelah mengikuti PKL Terpadu di Kecamatan SP Padang Kabupaten OKI yang berlangsung tanggal 7-28 Maret 2016, sebanyak 203 mahasiswa-mahasiswi STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) diserahkan kembali oleh Pemkab OKI kepada STIKes MP. Serah terima mahasiswa PKL Terpadu tersebut berlangsung di Perkantoran Pemkab OKI, Senin (28/3), dan diserahkan kembali oleh Bupati OKI yang diwakili Assisten III bapak Masherdata Musa`i.

Dalam sambutannya BPH STIKes MP Abu Hanifah mengatakan PKL Terpadu ini dilakukan STIKes MP dalam rangka Peningkatan mutu lulusan. Dalam PKL mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat, mencocokkan antara teori yang mereka dapat di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada di lapangan. peserta PKL Terpadu telah mengumpulkan data yang berhubungan dengan kesehatan, mengolah dan menganalisisnya, lalu mereka rumuskan. Kondisi ini telah mereka paparkan di depan stake holders pada hari Sabtu, 26 Maret 2016 di Dinas Kesehatan OKI. Mudah-mudahan bermanfaat baik bagi Pemkab OKI maupun para mahasiswa PKL Terpadu.

Sementara itu, Masherdata Musa`i mengapresiasi terhadap apa yang telah dilakukan para mahasiswa untuk masyarakat Kabupaten, khususnya di Kecamatan SP Padang, karena mereka telah memberikan data-data yang berhubungan dengan kesehatan untuk direkomendasikan dan selanjutnya ditindaklanjuti oleh Pemkab OKI dalam rangka percepatan pembangunan kesehatan di OKI.  “kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada STIKes MP yang telah memiliih Kabupaten OKI sebagai lahan praktek PKL Terpadu, semoga kerjasama ini akan terus dilanjutkan dimasa-masa yang akan datang,” ujar Masherdata Musa`i.

Kegiatan Mahasiswa PKL antara lain : Penyuluhan tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, bahaya merokok, pencegahan serta penyebab terjadinya DBD, ISPA, rematik, diare, hipertensi dan karies gigi, penyuluhan tentang imunisasi, pemberian ASI Eksklusif dan tablet FE, serta diadakannya kerja bakti. Mudah-mudahan hasil dari kegiatan PKL Mahasiswa STIKes MP di Kabupataen/Kecamatan/Kelurahan/Desa Wilayah OKI ini dapat lebih meningkatkan program-program pemerintah yang berkaitan dengan kesehatan serta dapat memenuhi fasilitas kebutuhan, sarana dan prasarana dalam bidang kesehatan dan lebih meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksankan program-program kesehatan.


Other news

  • Penutupan PKL Terpadu IKesT MP

    Penutupan PKL Terpadu IKesT MP

    Penutupan PKL Terpadu IKesT MP Tahun Akademik 2023/2024, Rabu 07 Februari 2024 berlangsung di Auditorium IKesT MP. Kegiatan penutupan praktek kerja lapangan terpadu mahasiswa IKesT MP sebagai tanda selesainya praktek lapangan sebanyak 299 peserta telah menjalani praktek lapangan di kecamatan Seberang Ulu II dan Jakabaring dari tanggal 22 Januari s/d 07 Februari 2022.Dalam sambutan rektor…

  • IKesT MP Audensi dengan LLDIKTI Wilayah II

    IKesT MP Audensi dengan LLDIKTI Wilayah II

    Audiensi Pimpinan IKesT Muhammadiyah Palembang dengan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Prof. Dr. Ishak Iskandar, M. Sc didampingi Ketua Tim Kerja Kelembagaan Win Honaini, SH., M.Si beserta tim.

  • Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT)

    Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT)

    Praktik Kerja Lapangan Terpadu (PKLT) merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang Terintergrasi dengan kurikulum program studi dan dengan nilai keislaman yang didalam Perguruan Tinggi Muhammadiyah dikenal dengan Al – Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang (IKesT MP) secara konsisten terus melakukan program ini,…